Jangan Asal, Ini Cara Menulis Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar



Problem yang kerap kali dihadapi oleh para fresh graduate adalah menulis surat lamaran kerja yang tepat. Surat kerja yang ditulis sesuai dengan ketentuan, memang memiliki andil besar dalam menentukan seseorang bisa diterima bekerja atau tidak. Nah, biar tak kebingungan, Anda bisa simak cara menulis surat lamaran yang tepat beserta dengan contoh surat lamaran kerja berikut ini.   

1. Gunakan Kata Baku dalam Menulis Surat Lamaran Kerja

Formalitas merupakan hal yang penting dan harus tergambar dalam surat lamaran kerja yang Anda tulis. Maka dari itu, selalu gunakan kata baku dalam menulis surat lamaran kerja tersebut. Penggunaan kata baku yang didasarkan pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) ini juga akan menunjukkan kesopanan Anda terhadap penerima surat tersebut nantinya.   

2. Jangan Bertele-Tele, Tulis Surat Lamaran dengan Singkat, Padat, dan Jelas

Surat lamaran kerja bukanlah surat cinta yang harus banyak deskripsi indah di dalamnya. Buatlah surat lamaran kerja yang singkat, padat, dan jelas, memuat gambaran kualitas diri Anda dan posisi kerja yang ingin dilamar. Jangan lupa juga buat surat lamaran kerja itu semenarik mungkin, agar menarik perhatian user dan membuat nasibnya tak berakhir di tumpukan berkas. 

3. Tulis Alamat, Nama, Gelar dan Lainnya dengan Tepat

Ketelitian sangat diperlukan dalam menulis surat lamaran kerja, jangan sampai ada kesalahan dalam penulisan alamat, nama, atau pun gelar di surat lamaran tersebut. Typo sedikit saja bisa mengurangi nilai Anda, loh! Bahkan, bisa-bisa surat lamaran kerja Anda tak lolos kualifikasi di perusahaan atau tempat kerja yang Anda lamar. 

4. Pastikan Kertas Surat Bersih dan Tulisan Rapi 

Jangan sampai ada noda pada kertas surat lamaran kerja yang Anda tulis. Jika sekiranya penulisan surat lamaran kerja harus dengan tulisan tangan, pastikan tulisan Anda dapat terbaca dengan baik oleh orang lain. Jika surat lamaran kerja diwajibkan untuk diketik, sesuaikan pilihan dan besarnya huruf dengan persyaratan yang ditulis di lowongan pekerjaan. 

Contoh Penulisan Surat yang Tepat untuk Melamar Pekerjaan 
Menulis surat lamaran kerja memang terbilang susah-susah gampang. Apalagi, sebenarnya tak ada standar khusus yang diterbitkan, untuk bisa jadi pegangan dalam menulis surat ini. Namun, jangan khawatir, Anda bisa ikuti contoh surat lamaran kerja berikut ini, yang telah disesuaikan dengan cara penulisan surat lamaran kerja yang tepat. 

Jakarta, 15 Mei 2020
Hal : Lamaran Pekerjaan
Kepada Yth. HRD PT. Kompas Gramedia Jakarta 

Dengan hormat, 

Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari situs Tech in Asia, PT. Kompas Gramedia saat ini tengah membuka lowongan pekerjaan untuk posisi penerjemah Bahasa Jepang. Oleh karena itu, bersamaan dengan surat ini, saya ingin melamar pekerjaan di PT. Kompas Gramedia untuk mengisi posisi tersebut. 

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama : Citra Lestari
Tempat / Tanggal Lahir : Jakarta, 6 April 1998
Alamat : Jl. Sam Ratulangi RT.01 RW.02, Jakarta Selatan
Telepon : 085274555661

Saya merupakan lulusan Sastra Jepang, yang kiranya tepat dan berguna untuk mengisi posisi ini. Saya mampu menulis dengan baik, serta mengerti dasar-dasar alih bahasa yang diperlukan dalam proses menerjemahkan. Saya juga merupakan seseorang yang teliti dan juga disiplin waktu. 
Berikut saya lampirkan beberapa dokumen untuk pertimbangan:

1. Pas foto terbaru
2. Fotocopy KTP
3. Daftar riwayat hidup
4. Fotocopy ijazah terakhir
5. Fotocopy sertifikat nasional HPI (Himpunan Penerjemah Indonesia)

Demikian surat lamaran lamaran kerja ini saya buat. Besar harapan saya untuk bekerja di perusahaan ini. Atas perhatian yang Bapak / Ibu berikan, saya ucapkan terima kasih. 

                                                                                                                         Hormat Saya


                                                                                                                         (Citra Lestari)

Itulah tadi cara menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar beserta contohnya, yang bisa dijadikan acuan dalam menulis surat lamaran kerja. Tulislah surat lamaran kerja dengan teliti dan rapi, serta sesuai dengan persyaratan yang tertera dalam lowongan. Dengan begini, surat lamaran kerja Anda bisa dipertimbangkan oleh HRD dan masuk ke tahap selanjutnya.